Senin, 28 Desember 2015

Laporan Kemah Dakwah (SMA Plus Tauhidul afkar) Angkatan. I



KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Allah SWT kami panjatkan atas limpahan karunia, rahmat, nikmat serta hidayah dari-Nya
Kami peserta Kemah Dakwah kelompok III Desa Pakuon Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur dapat menyelsaikan program Kemah Dakwah sampai selesai dengan hasil yang Insya Allah sangat memuaskan.
Dengan berakhirnya program Kemah Dakwah maka dengan ini kami menyampaikan laporan akhir kegiatan kami.
Di dalam laporan ini kami muat semua program yang  sudah kami jalankan dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari kegiatan tersebut. Namun, perlu juga disadari bahwa dalam pelaporan ini tentunya terdapat kekurangan- kekurangan yang  secara manusiawi tidak mampu kami benarkan, hal ini tentu menjadi inspirasi bagi generasi berikutnya untuk terus menerus melakukan perbaikan. Tidak lupa pula kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menjalankan atau merealisasikan program. Panitia Kemah Dakwah, Guru pembimbing, kepala desa Pakuon, aparatur desa tanpa terkecuali dan seluruh masyarakat Desa Pakuon yang telah membantu kami. Akhirnya, untuk memperoleh perbaikan, kami mengharapkan masukan, saran  nasihat yang  mendukung  dan membangun dan semoga laporan ini bermanfaat bagi semua pihak yang  berkepentingan.






BAB 1
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Kemah dakwah merupakan kegiatan yang wajib di ikuti peserta didik yang masih duduk di kelas XII. Kemah dakwah adalah kegiatan sejenis KKN, dimana para siswa dilatih untuk hidup bermasyarakat, sebagai mana tema yang di angkat yaitu "Learning To Life Together" yang bermakna belajar untuk hidup berbaur dengan masyarakat, mempraktekan atau merealisasikan ilmu yang telah dipelajari di sekolah.
Kegiatan ini sangat berdampak positif, baik untuk peserta KD maupun masyarakat, karena terlihat dengan jelas kegiatan KD ini banyak membantu masyarakat dan sekaligus banyak memberikan pelajaran berharga bagi kehidupan peserta KD dan menjadikan para peserta KD berpikir lebih dewasa dan memahami kehidupan orang tua yang bersusah payah bekerja membanting tulang demi keluarga.
2. Gambaran Umum Lokasi KD
a)      Struktur Organisasi Desa
Ø  Kaur Pemerintah         : Ali Mudin
Ø  Kepala Desa                : Herman Hidayat
Ø  Sekretaris Desa           : Iim Abdul Karim
v  Kaur Sekbang (Deni Ambari)
Bertugas mengurus pembagian perekonomian
v  *Kaur Sestra (U. Supriyatna)
Bertugas mengelola zakat, beras raskin, masalah pernikahan, dll
v  *Kaur Keuangan (Iis Wildia)
Bertugas mengelola keuangan dan membuat angaran PBD
v  *Kaur Umum (D. Syarifudin)
Bertugas mengelola administrasi desa
v  *Kaur Keamanan dan Ketertiban Umum (Wahyu)
Bertugas mengkoordinir keamanan dan ketertiban umum

Di desa Pakuon terdapat 5 dusun yang di pimpin oleh:
Ø  Dusun 1 Maman
Ø  Dusun 2 Haeli
Ø  Dusun 3 M. Pahru
Ø  Dusun 4 Mamad
Ø  Dusun 5 Okib

b)      Gambaran Desa Pakuon
KD pertama berlokasi di desa pakuon, Kec. Sukaresmi tepatnya di kampung Cikanyere. Luas Desa Pakuon +- 895,2 H yang di huni oleh 6.930.000 penduduk, terdiri dari 3.391.000 perempuan dan 3.539.000 laki-laki, di tambah anak yang berusia 0-6 tahun sebanyak 870 anak. Jumlah warga yang produktif ada 4.201 orang. Desa ini dikepalai oleh Herman Hidayat yang menjabat sejak tahun 2007 dan berhasil berprestasi dengan menjuarai kebersihan antar desa 2 tahun berturut-turut.
Tempat tinggal peserta KD tidak jauh dari kantor desa, hal ini sangat membantu sekali terutama untuk keperluan mencari data tentang penduduk desa
Desa Pakuon merupakan desa binaan yang menjadi desa percontohan untuk desa-desa lain, karena sering menjuarai lomba desa sekabupaten Cianjur. Hal ini menjadi suatu yang unik bagi peserta KD. Karena Desa Pakuon mampu berprestasi mengalahkan desa-desa lain yang di lihat dari lokasi lebih strategis. Hal ini menjadi pelajaran berharga dan bukti nyata untuk peserta KD, ternyata keterbatasan tidak menjadi penghalang untuk berprestasi.
Masyarakat Pakuon merupakan masyarakat yang sadar lingkungan, sehingga para tokoh masyarakat mudah mengkoordinir dan mengatur warga. Warga yang ada di desa termenej dengan baik, hal ini terbukti dengan pengklasifikasian masyarakat, salah satu contohnya adalah kelompok wanita tani.
Salah satu bentuk kelompok tersebut adalah penanaman pohon obat atau "Apotek Hidup" di pekarangan rumah warga. Program ini sekaligus mencerdaskan pengetahuan terutama untuk ibu-ibu rumah tangga
Mata pencaharian warga desa adalah 80% petani, sisanya menjadi tukang ojeg, dan berwirausaha, banyak potensi desa yang di kembangkan, diantaranya pemanfaatan produksi bambu dan produksi keripik pisang.
Kondisi masyarakat di desa Pakuon sangat kekurangan, hal ini terbukti dengan kehangatan penerimaan peserta KD. Tanpa dukungan dan respon positif masyarakat, program peserta KD tidak akan terealisasi dengan baik.
Salah satu bentuk penghargaan bagi peserta KD adalah di ikut sertakannya perwakilan peserta KD dalam rapat di Desa, yang ditugaskan sebagai notulen pendamping RT.
Dalam keseharianpun masyarakat memberikan perhatian yang luar biasa, terbukti dengan berbagai kiriman yang datang ke tempat tinggal peserta KD.
3. Maksud dan Tujuan Laporan
a)      Tugas akhir kegiatan KD.
b)      Penyajian bukti fisik kegiatan KD.
c)      Bahan pembelajaran dan gambaran untuk peserta KD tahun-tahun berikutnya.
d)     Evaluasi untuk peserta KD dan pihak sekolah untuk perbaikan kegiatan KD di masa mendatang.
4. Metodologi dan Sitematika
a)      Metodologi
v  Observasi
Observasi adalah aktivitas yang dilakukan makhluk cerdas terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya untuk mendapatkan informasi-informasi yang di butukan untuk melanjutkan suatu penelitian.
Dalam versi lain observasi ialah metode atau cara-cara yang menganalisis dan mengadakan pencatatan secara sistematis mengenai tingkah laku dengan melihat atau mengamati individu / kelompok secara langsung.
Menurut prof. Heru (2006) pengamatan atau observasi dalam konteks penelitian ilmiah adalalah studi yang di sengaja dan di lakukan secara sistematis, terencana, terarah, pada suatu tujuan dengan mengamati dan mencatat fenomena atau perilaku satu atau sekelompok orang dalam konteks kehidupan sehari-hari dan memperhatikan syarat-syarat penelitian ilmiah.
v  Wawancara
Wawancara adalah cara mendapatkan informasi dengan cara bertanya langsung kepada responden. Menurut Nazir (1988) wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka.
b)      Sistematika
Sitematika atau susunan dalam lapnran ini adalah pendahuluan yang berisikan latar belakang dan gambaran umum tentang lokasi KD, bagian isi berisi tentang program-program yang ada di desa dan uraian kegiatan para peserta KD, bagian penutup berisi kesimpulan dan saran.



Bab 2
Program dan Permasalahan Desa

A)  Program Desa

Pada awalnya peserta KD datang dengan membawa berbagai program, akan tetapi letika terjun langsung ke lapangan, ternyata program di desa sudah sangat bagus dan berjalan aktif sehingga peserta KD hanya mengikuti program desa yang telah ada.
Program desa tersebut diantaranya:
1.      Kebersihan Lingkungan
Salah satu programnya adalah masyarakat berswadaya membuat tempat sampah dari    bekas cat yang diletakan di depan rumah masing-masing.
2.      Pengajian / Shalawatan
Kegiatan ini terjadwal dengan baik yaitu untuk ibu-ibu dilakukan setiap hari......, untuk bapak-bapak dilaksanakan seminggu sekali yakni pada hari Kamis / Malam Jum'at.
3.      Pendidikan
Ø  PAUD
Ø  TK/RA
Ø  SD
Ø  SMP Seatap
4.      PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga)
Program utama PKK sendiri adalah:
Mengembangkan rasa gotong royong dalam hidup bermasyarakat, mengembangkan kehidupan berkoperasi,mengembangkan pendidikan, kesehatan dan keterampilan. Beberapa program PKK tersebut telah berjalan di desa pakuon.
5.      Karang Taruna
Kegiatan rutin karang taruna adalah mengadakan pertandingan persahabatan dalam olahraga sepak bola, hal ini di dukung oleh lapangan yang dimiliki desa, kegiatan ini sangat positif terutama untuk hubungan remaja / pemuda antar daerah.
6.      Lingkungan Aerophonik
Aerophonik adalah istilah dalam dunia pertanian yang merujuk kepada teknik budidaya tanaman tanpa media tanam. Teknik bercocok tanam tanpa media tanam dimungkinkan dengan sistem pengkabutan, dimana akar tanamannya menggantung di udara tanpa media (misalkan taoah, air, pasir, atau abu sekam) dan kebutuhan nutrinya dipenuhi dengan cara spraying ke akarnya.


7.      Ronda
Seperti halnya daerah lain, ronda harus selalu di adakan untuk menjaga keamanan lingkungan di desa Pakuon ini, acara ronda sudah berjalan secara kontinyu.
8.      KWT (Kelompok Wanita Tani)
Salah satu programnya adalah memberdayakan para wanita agar mempunyai ilmu di bidang pertanian, contohnya dengan penanaman tanaman obat.
9.      Posyandu
Program rutin yang harus ada di tiap daerah terutama untuk memberikan pengarahan perkembangan balita.

















BAB 3
PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN KD

A.    Pembekalan
Pembekalan  dilakukan satu minggu sebelum keberangkatan  yang dimulai daritanggal 13-19 Januari 2014. Adapun jadwal pem bekalan sebagai berikut:

No.
Tanggal
Bidang
Pemateri
1.
17  Januari 2014
Olahraga
Cahya Suryana
2.
17 Januari 2014
Sosial
Ade Sudrajat,s.pdI
3.
18 Januari 2014
Keterampilan
- Nana Nafisah,S.Ip
- heri Agus, S.pdI
4.
18 Januari 2014
IT
Agus Wahyudi
5.
19 Januari 2014
Pendidikan
H. Taufik Hidayat s,Ag
6.
19 Januari 2014
Keagamaan
Ai Maskuroh,s E
               Adapun rincian pembekalan adalah sebagai berikut:
1). Bidang Olah Raga
Tutor                : Cahya Suryana
Jadwal             :17 Januari 2014
Isi materi         :- Tidak mengisi pembekalan
2). Bidang Sosial
Tutor               :ade Sudrajat
Jadwal             :17 Januari 2014
Isi Materi         :- Tidak member pembekalan
3). Bidang Keterampilan dan Lingkungan
Tutor               : Nanan Nafisah
Jadwal             :18 Januari 2014
Isi Materi         :
-           Tentang pembuatan pigura dari bahan bekas
-           Pembuatan kerajinan dari tanah merah
-           Disarankan untuk member nama biologi tanaman yang ada disana dan manfaatnya
-           Menanam apotik hidup dan warung hidup
-           Membuat obat tradisional apabila ada warga yang sakit, misalnya: sakit magh bisa diobati dengan air kunyit.


4). Bidang IT
Tutor               :Agus Wahyudi
Jadwal             : 18 Januari 2014
Isi Materi         :
    -             Cara persentasi yang baik dan persiapannya seperti apa.                                                                             

    -               Cara membuat surat menyurat dengan format dengan benar                                            
           -        Saran untuk memperkenalkan  IT dengan cara menggunakannya  saat                                                                                                                                                           kegiatan
                         -        Pormat Laporan                 
                         -        rangkuman program d persentsikan
                         -        rangkuman kegiatannya juga

5)  Bidang    pendidikan    
   Tutor     : H Taufik       
   Jadwal  : 19 – 01 -2014     
  Isi materi    
-           Cara mengajar yang yang baik      
-           Cara menghadapi anak paud ,Tk,Sd ,dan Smp,kaya gimana    
-           Tingkt penjelasannya    
-           Menjaga sikap ,etika,dan kesopanan    
-           Cara mencairkan situaasi jewnuh di kelas   
Bekal-bekal permainan.      




BAB 4
                                  PROGRAM KERJA SISWA                                                 
1. Bidang Keterampilan
Penanggung jawab : Minar

a)      Maksud dan Tujuan

Keterampilan merupakan sesuatu yang harus dimiliki oleh masyarakat, terutama remaja putri dan ibu rumah tangga yang tidak bekerja untuk mengisi waktu luang. Hal ini juga bermanfaat untuk perekonomian, karena barang yang di hasilkan bisa di jual.
Program di bidang keterampilan diantaranya :

Ø  Pembuatan Pin
Agar anak berfikir kreatif dan mampu memproduksi barang kecil-kecilan.
Ø  Pembuatan Rumah Karton
Agar anak bisa membuat mainan sendiri
Ø  Mengajar Marawis
Agar anak tahu kesenian islami

b)      Sasaran

Ø  Siswa/i SD/SMP
Ø  Remaja desa pakuon
Ø  Anak-anak desa Pakuon

c)      Hasil dan Tindak Lanjut

Ø  Membantu membuat pin, sehingga pin bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Mengajarkan membuat rumah karton, sehingga anak bisa membuat mainan sendiri.
Ø  Mengajarkan marawis, sehingga anak mengenal kesenian islami.

d)     Faktor Pendukung

Ø  Tersedianya peralatan marawis.
Ø  Tersedianya karton
Ø  Tersedianya peralatan dan sarana prasarana lain.
Ø  Respon positif dari anak-anak
Ø  Respon positif dari warga

e)      Faktor Penghambat

Ø  Alat dan bahan-bahan terbatas.
Ø  Respon masyarakat kurang antusias, dikarenakan jarak yang jauh dan cuaca yang tidak mendukung.
  2. Bidang IT
Penanggung jawab :    Ilham Maulana
Yayang Firman
a)      Maksud dan Tujuan

Memperkenalkan teknologi adalah tujuan yang utama, karena mayoritas masyarakat desa adalah masyarakat yang awam akan teknologi, padahal di zaman sekarang ini pengetahuan dan penggunaan teknologi sangat diperlukan. Selain memperkenalkan, peserta KD juga mengajarkan kepada anak-anak bagaimana caranya menggunakan komputer yang baik.
b)      Sasaran
Ø  SD
Ø  SMP

c)      Hasil dan tindak lanjut
Ø  Bagi siswa SD/SMP program IT menambah pengetahuan mereka dalam bidang teknologi.
Ø  Siswa lebih mengenal alat informasi teknologi canggih.
Ø  Daya tarik dalam proses KBM, karena peserta KD menerapkan IT dengan cara menggunakan laptop dan LCD dalam setiap praktek mengajar di SD maupun SMP.

d)     Faktor pendukung
Ø  Fasilitas yang disediakan dari sekolah yakni peserta KD dibekali 2 laptop, 1 perangkat komputer dan 1 LCD.
Ø  Respon positif siswa.

e)      Faktor Penghambat
Ø  Cuaca buruk, karena jika hujan peralatan IT tidak dapat di bawa.
Ø  Tidak adanya sarana Hotspot Area / Intrnet.






3. Bidang Sosial
Penanggung jawab : M Yusuf

a)      Maksud dan tujuan

Bidang sosial adalah bidang yang harus dikuasai baik oleh peserta KD, karena berhubungan langsung dengan interaksi peserta KD dan masyarakat. Dapat dikatakan bidang sosial adalah bidang perealisasian semua ilmu yang telah dipelajari di sekolah. Bidang ini bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara peserta KD dengan masyarakat, dan agar peserta KD dapat belajar dan bersosialisasi dengan baik dalam hidup bermasyarakat.

b)      Sasaran

Ø  TK / PAUD
Ø  SD
Ø  SMP
Ø  Masyarakat

c)      Hasil dan tindak lanjut

Ø  Dapat menjalin hubungan baik dengan para pemuda.
Ø  Dapat menjalin hubungan baik dengan tokoh masyarakat.
Ø  Dapat menjalin hubungan baik dengan semua warga.
Ø  Peserta KD di ikut sertakan dalam kegiatan-kegiatan sosial.

d)     Faktor Pendukung

Ø  Respon positif masyarakat.Tingginya persaudaraan dan toleransi antar warga.
Ø  Jiwa gotong royong yang besar.

e)      Faktor Penghambat

Ø  Cuaca yang tidak mendukung, sehingga menghambat pelaksanaan program.
Ø  Sarana dan prasarana yang kurang memadai.





BAB 5
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Kemah dakwah tahun pelajaran 2013/2014 adalah kemah dakwah pertama di Sekolah Menengah Atas Plus Tauhidul Afkar (SMAPTA) yang berlokasi di kampung Cikanyere desa Pakuon kecamatan Sukaresmi kabupaten Cianjur
Tema dari kemah dakwah ini adalah "Learning To Life Together" yang bermakna belajar hidup bermasyarakat, yang bertujuan agar setelah lulus, peserta KD dapat bersosialisasi dengan baik.
Dalam kegiatan KD ini program peserta KD dibagi dalam beberapa bidang yaitu Pendidikan, Keagamaan, Sosial, IT, Olahraga, dan Keterampilan. Jangka waktu pelaksanaan adalah kurang lebih 2 minggu yaitu dari tanggal 21 Januari s/d 5 Februari 2014.

B.    Saran

1.      Untuk Masyarakat Pakuon
·         Memelihara fasilitas yang ada di desa, agar sarana dan prasarana desa terawat dengan baik.
·         Menambah pengadaan tempat sampah.
·         Merawat tanaman obat yang di tanam.
·         Menjalankan program desa dengan kontinyu.

2.      Untuk Sekolah
·         Lebih matang dalam memberikan pembekalan
·         Lebih matang dalam menentukan rentang waktu pelaksanaan
·         Lebih matang dalam segala bentuk pelaksanaan

3.      Untuk Peserta KD
·         Survey tempat sebelum keberangkatan agar mengetahui peralatan yang harus di bawa.
·         Menjaga sikap, karena membawa nama baik sekolah.
·         Menjaga kekompakan antar kelompok.
·         Mengadakan evaluasi setelah menyelesaikan suatu program.



ABSTRAK
Kemah dakwah adalah kegiatan sejenis KKN, yang mewajibkan peserta untuk tinggal disuatu tempat dan menjalankan suatu program, KD tahun pelajaran 2013/2014 berlokasi di desa pakuon dan bertemakan "Learning To Life Together" peserta KD adalah siswa kelas XII IPS yang terdiri dari 26 orang dan dibagi menjadi 3 kelompok. Tahapan kegiatan KD adalah pembekalan 13-19 Januari 2014 dan pelaksanaan 21 Januari - 05 Februari 2014, bidang yang menjadi garapan program ada 6 yaitu Keagamaan, Pendidikan, Keterampilan, IT, Sosial dan Olahraga.













2 komentar: